Eektivitas Stencil Print Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Mekar Bunga Padang.

Pratiwi, Putri Yulia (2024) Eektivitas Stencil Print Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Mekar Bunga Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_PUTRI_YULIA_PRATIWI_19022034_167.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil observasi kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Mekar Bunga Padang dimana kemampuan motorik halus anak belum berkembang secara optimal, kurangnya media yang bervariasi dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak, serta kurangnya kegiatan yang menstimulasi kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media stencil print dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak di Taman Kanak-kanak Mekar Bunga Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Mekar Bunga Padang, dan teknik pengambilan sampel dengan Cluster Sampling, yaitu kelas B1 dan Kelas B2 masing-masingnya berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 7 butir pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) dan uji effect size menggunakan bantuan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media stencil print pada gelas plastik memiliki pengaruh signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan media Stencil print pada kertas biasa terhadap kemampuan motorik halus pada anak di Taman Kanak-kanak Mekar Bunga Padang. Dengan jumlah skor post test 268, rata-rata 26,8 dan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,001 < 0,05. Perolehan effect size sebesar 1,60 disimpulkan termasuk dalam kategori tinggi, dengan demikian penggunaan media stencil print terhadap perkembangan motorik halus anak efektif signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni, IndraUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Eektivitas Stencil Print Kemampuan Motorik Halus Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:19
Last Modified: 30 Apr 2024 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51636

Actions (login required)

View Item View Item