Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang

Putri, Ratri Melidia (2024) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_RATRI_MELIDIA_PUTRI_19129056_857.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar peserta didik yang rendah dalam pembelajaran tematik terpadu. Permasalahan terlihat dari segi RPP guru, segi pelaksanaan pembelajaran, dan segi peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran. Berdampak pada hasil belajar yang belum tercapai dengan persentase ketuntasan kelas ideal yaitu 75%. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dan instrumen berupa observasi, tes, dan non tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 85% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), b) aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 85,5% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 96,42% (SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata rata-rata 85,5% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 96,42% (SB), dan d) hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh nilai rata-rata 80 (B), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 92,43 (SB). Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorAkmal, Atika UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:07
Last Modified: 30 Apr 2024 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51622

Actions (login required)

View Item View Item