Penggunaan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD N 04 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman

Saputri, Novita (2024) Penggunaan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD N 04 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NOVITA_SAPUTRI_19129050_1232.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V ini dilatar belakangi oleh: Guru belum menciptakan suasana belajar yang aktif, guru belum menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas belajar dan berfikir peserta didik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu melakukan dilakukan peneliti dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model pembelajaran Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kauntitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian yang berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan, pengamatan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan peserta didik yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukan: Penilaian RPP siklus I pertemuan I yaitu 75% (Cukup) dan pertemuan II yaitu 83,33% (Baik) dengan rata-rata 79,15% (Cukup), meningkatkan pada siklus II menjadi 94,44%(Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I pertemuan I 75% (cukup) dan pertemuan II yaitu 87,5% (Baik) dengan rata-rata 81,25% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik siklus I pertemuan I 75% (Cukup) dan pertemuan II 84,3% (Baik) dengan rata-rata 79,65% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 64 dan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 70 dengan rata-rata siklus I 63, meningkat pada siklus II yaitu, diperoleh nilai rata-rata 90. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:27
Last Modified: 29 Apr 2024 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51615

Actions (login required)

View Item View Item