Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 05 Tarok Dipo Kota Bukittinggi

Ghani, Ilhami (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 05 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ILHAMI_GHANI_19129125_301.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 05 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas V SDN 05 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V berjumlah 27 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu: siklus I dengan 2 pertemuan dan siklus II dengan 1 pertemuan. Pada setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata – rata 86,1% (baik) meningkat siklus II 94,5% (sangat baik), b) pelaksanaan pada Aktifitas Guru siklus I dengan rata – rata 81,3% (baik) meningkat siklus II 93,8% (sangat baik), dan pada Aktifitas Peserta Didik siklus I dengan rata – rata 79,7% (cukup) meningkat siklus II 90,6% (sangat baik), c) Hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata – rata 78,5% (cukup) dan siklus II 90,5% (sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YeltiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Peserta Didik Pembelajaran Tematik odel Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:27
Last Modified: 29 Apr 2024 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51614

Actions (login required)

View Item View Item