Kepercayaan Diri Mahasiswa yang Terlambat dalam Penyelesaian Studi di UNP

Hariyanti, Mila (2024) Kepercayaan Diri Mahasiswa yang Terlambat dalam Penyelesaian Studi di UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MILA_HARIYANTI_19006094_48.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena mahasiswa yang mengalami keterlambatan dalam penyelesaian studi. Kondisi ini berdampak pada kepercayaan diri yang dimiliki oleh mahasiswa. Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting dalam kehidupan. Mahasiswa yang masa studinya lebih lama dari teman-temannya merasa tidak percaya diri dalam menjalankan masa studinya karena individu menganggap dirinya kurang berusaha lebih baik dan bekerja keras untuk menjalankan studinya dengan tepat waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepercayaan diri mahasiswa yang terlambat dalam penyelesaian studi ditinjau dari aspek rasa aman, ambisi normal, yakin pada kemampuan diri, mandiri, optimis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini 901 orang mahasiswa tahun masuk 2018, yang belum menyelesaikan studi terhitung periode Juli-Desember 2023. Sampel pada penelitian ini adalah 278 orang mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner kepercayaan diri mahasiswa yang terlambat dalam penyelesaian studi, yang sudah diuji validitas dengan rumus pearson correlation (0,361) dan diuji reliabilitas dengan rumus cronbach’s alfa (0,686) kepada mahasiswa lalu diolah dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri mahasiswa yang terlambat dalam penyelesaian studi berada pada kategori sedang yakni dengan hasil rata-rata 84,2 (56,1%), yang terdiri dari 1) Aspek rasa aman berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 16,9 (56,2%); 2) Aspek ambisi normal berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 17,4 (58,2%); 3) Aspek yakin pada kemampuan diri berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor 15,4 (51,2%); 4) Aspek mandiri berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 18,1 (60,3%); 5) Aspek optimis berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 16,3(61,7%). Berdasarkan penelitian ini, layanan Bimbingan dan Konseling yang dapat diberikan untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa yang terlambat dalam penyelesaian studi di UNP adalah layanan informasi, layanan konseling kelompok, dan layanan bimbingan kelompok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri Mahasiswa Terlambat Penyelesaian Studi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:25
Last Modified: 29 Apr 2024 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51602

Actions (login required)

View Item View Item