Efektivitas Media Kotak Alfabet dan Gambar (KOFABAR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Cerebral Palsy (Single Subject Research Kelas V di SLB Waraqil Jannah Paninjauan).

Nisa, Rahmatun (2024) Efektivitas Media Kotak Alfabet dan Gambar (KOFABAR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Cerebral Palsy (Single Subject Research Kelas V di SLB Waraqil Jannah Paninjauan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_RAHMATUN_NISA_20003029_1097.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemui pada anak cerebral palsy kelas V yang masih belum mampu dalam membaca kata. Oleh karena itu, anak perlu dibantu dalam proses pembelajaran menggunakan media. Media kotak alfabet dan gambar atau yang bisa disingkat dengan media kofabar merupakan media yang dapat membantu dalam membaca permulaan anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas media kotak alfabet dan gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak cerebral palsy kelas V di SLB Waraqil Jannah Paninjauan. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik. Dari hasil pegamatan yang dilakukan sebanyak 14 pertemuan yang terbagi dalam 3 tahap, yaitu tahap baseline (A1) sebanyak 3 pertemuan mendapatkan hasil 7%, 7%, dan 7%. Tahap intervensi (B) sebanyak 8 pertemuan mendapatkan hasil 13%, 33%, 40%, 60%, 87%, 93%, 93%, dan 93%. Tahap baseline (A2) sebanyak 3 pertemuan mendapatkan hasil 87%, 87%, dan 87%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan bagi anak cerebral palsy dapat meningkat dengan menggunakan media kotak alfabet dan gambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Kotak Alfabet Kemampuan Membaca Anak Cerebral Palsy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:04
Last Modified: 29 Apr 2024 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51573

Actions (login required)

View Item View Item