Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) tentang Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X Fase E SMA

Febriannisa, Dini (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) tentang Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X Fase E SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_DINI_FEBRIANNISA_19031009_482_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang mendukung kreativitas, kecakapan pengetahuan, keterampilan serta penguasaan terhadap teknologi yang harus dimiliki oleh peserta didik. Dalam penerapan Kurikum Merdeka antara guru dan peserta didik tidak terlepas dari berbagai alat bantu selama dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran. Dalam implementasi Kurikulum Merdeka bahan ajar berupa LKPD diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam melengkapi media pada pembelajaran Kurikulum Merdeka, khususnya pembelajaran biologi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas LKPD berbasis PjBL yang dikembangkan pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Four D-Models yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan) sedangkan untuk tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan karena keterbatasan dalam waktu dan biaya dalam penyebaran secara komersial. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validitas yang berasal dari dua orang dosen biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMAN 3 Pariaman yang dilakukan dari bulan November tahun 2022 sampai bulan Agustus tahun 2023. Pengumpulan data uji praktikalitas oleh satu orang guru biologi dan 36 peserta didik kelas X SMAN 3 Pariaman. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata hasil validasi 86,45 % dengan kategori sangat valid. Nilai uji praktikalitas oleh guru 86,07 % dan dari peserta didik 86,12 %, keduanya dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) tentang Keanekaragaman Hayati yang dikembangkan umtuk kelas X Fase E SMA sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Apr 2024 05:40
Last Modified: 25 Apr 2024 05:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51488

Actions (login required)

View Item View Item