Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu

Irka, Aina Novita (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AINA_NOVITA_IRKA_18029123_7986_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada peserta didik yang mengikuti proses belajar mengajar, hasil belajar peserta didik pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan ditemukan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023 masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran problem based learning pada kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu lebih baik daripada hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang menggunakan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes hasil belajar matematika berbentuk soal essay. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji t dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada taraf nyata α = 0,05 dengan menggunakan uji-t diperoleh P-value = 0,019 karena P-value < 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN-PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:57
Last Modified: 24 Apr 2024 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51361

Actions (login required)

View Item View Item