Analisis Kinerja Guru Dalam Rangka Mensukseskan Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi

Monaliza, Monaliza (2023) Analisis Kinerja Guru Dalam Rangka Mensukseskan Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MONALIZA_21147006_1805_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penulis melihat adanya gap atau ketidaksesuaian antara kondisi ideal yang diharapkan dengan realitas yang ada. Kondisi ideal yang dimaksud adalah kondisi dimana guru memiliki kinerja yang tinggi. Kinerja guru yang tinggi dapat dikatakan sebagai sosok guru yang ideal di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru dalam rangka keberhasilan Profil Siswa Pancasila di Sekolah Dasar Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan objek yang diteliti di SDN 04 yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu wawancara, telaah dokumen, dan observasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa pada dasarnya pelaksanaan program profil siswa Pancasila di SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi sudah berjalan dengan baik. Namun mengenai hasil pencapaian yang masih belum berjalan dengan baik, yang diuraikan sebagai berikut; (1) Belum berjalan dengan baik kinerja guru dalam mengimplementasikan profil siswa Pancasila. Hal ini disebabkan belum berjalan dengan baik kerjasama antar guru dan ketepatan waktu pelaksanaan yang diukur dari lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya dibandingkan dengan target rencana. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam mengimplementasikan profil siswa pancasila adalah faktor kepemimpinan kepala sekolah, faktor pendorong guru menuju profil guru ideal, faktor sarana dan prasarana serta faktor kerjasama antar guru berdasarkan koordinasi dan sinergi. (3) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru untuk meningkatkan implementasi profil siswa Pancasila adalah dengan memotivasi individu guru untuk mengembangkan sikap kooperatif antar guru dan melakukan pendekatan persuasif dan demokratis dengan menerapkan tipe kepemimpinan transformatif dalam mengeluarkan kebijakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorAnisah, AnisahUNSPECIFIED
CorrectorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:57
Last Modified: 28 Mar 2024 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51045

Actions (login required)

View Item View Item