Pengembangan Labsheet Praktikum Rangka Batang dan Gaya Geser pada Mata Kuliah Fenomena Dasar Mesin Prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin FT UNP.

Abdullah, Adlan Azmi (2024) Pengembangan Labsheet Praktikum Rangka Batang dan Gaya Geser pada Mata Kuliah Fenomena Dasar Mesin Prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin FT UNP. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_ADLAN_AZMI_ABDULLAH_18067072_1788_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran dalam praktikum sangatlah penting dalam proses aktivitas belajar mengajar sebagai sarana menyalurkan pesan (bahan pembelajaran). Labsheet rangka batang dan gaya geser mata kuliah Fenomena Dasar Mesin Departemen Teknik Mesin FT UNP yang tersediadirasa kurang lengkap dalam muatan isi materi. Sehingga penelitian bertujuan untuk mengembangkan labsheet praktikum dengan isi materi yang cukup. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode R&D dengan model pengembangan jenis Plomp, jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Validasi data dilaksanakan oleh seorang dosen pengampu mata kuliah Fenomena Dasar Mesin, seorang dosen ahli materi bidang Fenomena Dasar Mesin, dan seorang dosen ahli media dari departemen Teknik Mesin FT UNP. Data diperoleh dengan angket validasi kepada validator. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data aspek materi oleh seorang ahli materi menunjukkan skor 3,00 ataupun 75,00% masuk dalam kategori “Layak” dan hasil analisis dari dosen pengampu mata kuliah FDM menunjukkan skor 3,23 alias 80,75% masuk kategori “Sangat Layak”. Dalam aspek media, hasil analisis data ahli media menunjukkan skor 3,45 atau 86,25% masuk kategori “Sangat Layak” dan dari dosen pengampu mata kuliah FDM hasil analisis data menunjukkan skor 3,06 atau 76,50% masukkategori “Sangat Layak”. Hasilnya, labsheet praktikum digolongkan “Sangat Layak” untuk penggunaan dalam penelitian pembelajaran bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci:Pengembangan, Praktikum, Labsheet Praktikum, Validitas, Model Plomp

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
CorrectorLapisa, RemonUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LABSHEET, GAYA GESER, TEKNIK MESIN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:46
Last Modified: 25 Mar 2024 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50887

Actions (login required)

View Item View Item