Penembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Padang.

Rahman, Abdur (2024) Penembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_ABDUR_RAHMAN_19067001_1428_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pentingnya pendidikan di Indonesia tidak boleh diabaikan, mengingat peran sentralnya dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan pengembangan individu. Pendidikan yang berkualitas memungkinkan masyarakat untuk mengembangkan keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk bersaing di pasar kerja global. Penelitian ini bertujuan melakukan validitas dan praktikalitas pada hasil pengembangan media video tutorial pembelajaran dasar teknik mesin, yang sebelumnya rendah karena penggunaan metode pembelajaran konvensional. Guru lebih suka menggunakan papan tulis sebagai media utama, yang menyebabkan kebosanan siswa dan menghambat pembelajaran optimal. Selain itu, kurangnya keterlibatan siswa juga mengakibatkan disiplin yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengembangkan media video tutorial Dasar Teknik Mesin kelas X di SMKN 1 Padang. Media ini dirancang untuk membantu pendidik dalam menyampaikan materi alat ukur dan langkah-langkah membaca hasil pengukuran dengan benar. Hasil penelitian memperlihatkan media ini valid dari segi materi/isi dan media menurut evaluasi tim validator. Uji praktikalitas pada gurudan siswa juga menunjukkan bahwa media inisangat praktis, dengan skor 97.8 daridosen dan 95 dari siswa, menandakan bahwa media pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dan efektivitas pembelajaran. Tingkatketerampilan dapat dilihat dari data observasi pada semua aspek yang dinilai, dengan skor keterampilan dari 71,05 pada siklus 1, naik jadi 76,05 di siklus 2, dan mencapai 79,2 di siklus 3. Maka dari itu, penelitian ini dapat dianggap berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrasetya, FebriUNSPECIFIED
CorrectorNurdin, HendriUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO TUTORIAL, DASAR TEKNIK MESIN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:48
Last Modified: 25 Mar 2024 05:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50879

Actions (login required)

View Item View Item