Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Circuit Learning berbantuan Power Point di Kelas V SDN 21 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Romadhia, Rizla Ersa (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Circuit Learning berbantuan Power Point di Kelas V SDN 21 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_RIZLA_ERSA_ROMADHIA_19129059_8762_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan beberapa hal yaitu pembelajaran masih dominan berpusat pada guru terlihat saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik. Guru hanya mengandalkan buku sebagai sumber belajar dan papan tulis sebagai media pembelajaran. Guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok. Kurangnya penguatan yang diberikan kepada peserta didik serta guru kurang melibatkan peserta didik untuk aktif dan kreatif dalam menyampaikan pendapatnya sehingga peserta didik masih merasa takut dan ragu untuk menyampaikan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Circuit Learning berbantuan Power Point di Kelas V SDN 21 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan campuran yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik di kelas V SDN 21 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : 1) Persentase pengamatan RPP pada siklus 1 pertemuan 1 83,33% meningkat menjadi 88,88% pada siklus I pertemuan 2 kemudian meningkat lagi 97,22 % pada siklus 2. 2) Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 75% meningkat menjadi 86,11% pada siklus I pertemuan 2 kemudian meningkat lagi menjadi 94% pada siklus II. 3) Aktivitas peserta didik pada siklus 1 pertemuan 1 75% meningkat menjadi 86,11% pada siklus I pertemuan 2 kemudian meningkat lagi menjadi 94% pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-ratanya 74,2 kategori perlu bimbingan (PB) meningkat menjadi 89,75 kategori baik pada siklus II. Dapat disimpulkan, model Circuit Learning berbantuan Power Point dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:17
Last Modified: 18 Mar 2024 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50748

Actions (login required)

View Item View Item