Pemanfaatan Geo-Augmented Reality untuk Meningkatkan Spatial Thinking bagi Anak Usia Pra Sekolah di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.

Rahmaini, Aulia (2024) Pemanfaatan Geo-Augmented Reality untuk Meningkatkan Spatial Thinking bagi Anak Usia Pra Sekolah di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B1_A_6_AULIA_RAHMAINI_19045059_268_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan spatial thinking setelah menggunakan media pembelajaran Geo-Augmented Reality pada anak usia pra sekolah di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Media pembelajaran Geo-Augmented Reality merupakan sebuah inovasi media pembelajaran geografi yang memanfaatkan teknologi yang dapat memvisualisasikan objek maya ke objek nyata. Spatial thinking anak dengan mengenalkan ilmu geografi lewat foto, peta, dan membangun kemampuan menerjemahkan visualisasi dari gambar dan video game, sangat mungkin dilakukan sejak usia pra sekolah. Ketika kita tanamkan dasar-dasar geografi atau pengenalan bentang alam mulai dari tingkat pra sekolah maka tingkat kecerdasan dan kemampuan anak di masa depan akan lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu Geo-Augmented Reality sebagai variabel independen dan Spatial Thinking sebagai variabel dependen. Pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Total Sampling adalah teknik pengambilan sampel sama dengan populasi. Alasan mengambil total sampling karena jumlah populasi yang sedikit atau kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa dan 6 orang tenaga pendidik pada Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada tenaga pendidik dan observasi langsung yang dilakukan peneliti kepada siswa. Hasil analisis data kuesioner menunjukkan Geo-Augmented Reality membantu guru dalam pembelajaran. Hasil uji t-test dari data observasi yang dilaksanakan langsung oleh peneliti kepada siswa pra sekolah menghasilkan hasil bahwa media Geo-Augmented Reality berpengaruh terhadap spatial thinking siswa pra sekolah dengan hasil signifikasi 0.000. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini berarti penggunaan media Geo-Augmented Reality dapat meningkatkan Spatial Thinking bagi anak usia pra sekolah di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan uji coba penggunaan media pembelajaran Geo-Augmented Reality, spatial thinking siswa mengalami peningkatan 53% dari sebelumnya, dimana hasil sebelumnya memperoleh nilai rata-rata 15 menjadi 28 dengan selisih 13.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulfa, ArieUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorRama, RiskyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANAK PRASEKOLAH, SPATIAL THINKING, GEO-AUGMENTED REALITY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:03
Last Modified: 15 Mar 2024 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50735

Actions (login required)

View Item View Item