Pengembangan Media Pembelajaran Podcast pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP.

Yanti, Vitri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Podcast pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_3_VITRI_YANTI_19004087_119_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran Podcast dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran yaitu kurangnya media pembelajaran berbasis digital yang digunakan peserta didik. Media pembelajaran yang selama ini digunakan adalah media konvensional seperti buku teks, LKS dan powerpoint sederhana. Media ini belum dapat membantu mengatasi masalah pembelajaran dan seringkali menimbulkan kejenuhan bagi peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan media Podcast untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang lebih menarik. Media pembelajaran Podcast pada mata pelajaran IPS di SMP Al-Azhar 32 Kota Padang merupakan suatu upaya baru dalam mengkreasikan sumber belajar yang dapat menunjang proses pembelajaran peserta didik. Dengan adanya media pembelajaran Podcast ini peserta didik dapat belajar secara mandiri dirumah maupun disekolah. Penelitian pengembangan Podcast ini bertujuan untuk menghasilkan Podcast yang berkualitas yang telah melalui uji kelayakan produk berdasarkan penilaian dari validator materi, validator media dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah (Research & Development) dengan model pengembangan Hannafin and Peck. Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan yang pertama analis kebutuhan (Need asessment),yang kedua Desain (Design) dan yang ketiga pengembangan dan implementasi (Development and Implementation). Uji validator media dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator media dan satu orang validator materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada peserta didik SMP Al-Azhar 32 Kota Padang. Subjek uji praktikalitas terdiri sebanyak 25 orang siswa kelas VIII untuk menguji kepraktisan produk Podcast yang dirancang dengan aplikasi pengolah suara Adobe Audition CC 2019. Berdasarkan hasil penilaian dari validator media dan validator materi diperoleh hasil validasi materi dengan rata-rata sebesar 4,8 dikategorikan “Sangat Sesuai”, hasil validasi dari validator media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,0 dikategorikan “valid” dan validator media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,5 dikategorikan “sangat valid” sehingga layak untuk digunakan. Selanjutnya, hasil uji coba praktikalitas produk yang dilakukan berada pada kategori “sangat praktis” untuk digunakan dengan rata-rata nilai 4,5. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk Podcast telah siap dikembangkan dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran dikelas maupun proses pembelajaran secara mandiri pada mata pelajaran IPS yang dapat diakses secara online melalui channel youtube dan dapat juga diakses secara offline dengan cara diunduh terlebih dahulu. Media Podcast ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PODCAST, MEDIA PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:37
Last Modified: 14 Mar 2024 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50721

Actions (login required)

View Item View Item