Efektivitas Media Video Tutorial pada Mata Kuliah Penataan Rambut dan Sanggul di Departemen Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP.

Itriano, M. Hafanza (2024) Efektivitas Media Video Tutorial pada Mata Kuliah Penataan Rambut dan Sanggul di Departemen Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_3_M. HAFANZA_ITRIAN0_118_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah dalam proses pembelajaran masih kurangnya pemanfaatan media video tutorial oleh dosen pada mata kuliah Penataan Rambut dan Sanggul, masih kurang aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran sehingga rendahnyaa hasil belajar mahasiswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana efektivitas media video tutorial pada mata kuliah penataan rambut dan sanggul di Departemen Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media video tutorial pada mata kuliah Penataan Rambut dan Sanggul di Departemen Tata Rias dan Kecantiakan FPP UNP. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen untuk melihat perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun Angkatan 2022 semester tiga dengan sampel penelitian sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes sebanyak 20 butir pertanyaan pilihan ganda, lebar jawabn untuk penilaian kognitif mahasiswa dan penilaian praktik menggunakan form penilaian praktek untuk penilaian psikomotor mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisi dengan uji perbedaan dua rata rata (t-test) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian yang dilakukan di Departemen Tata Rias dan Kecantikan pada mata kuliah Pentaan Rambut dan Sanggul diperoleh nilai rata rata kelas eksperimen yang menggunakan media video tutorial penataan rambut dan sanggul Evning Style lebih tinggi yaitu dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 78,5 dari pada kelas kontrol yaitu 73,5. Dengan uji-t diperoleh thitung > ttabel = 2,202 > 2,021 dengan α 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Efektifitas Media Video Tutorial pada mata kuliah Penataan Rambut dan Sanggul di Departemen Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorAmsal, Mutiara FelicitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO TUTORIAL, EVENING STYLE, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Mar 2024 05:15
Last Modified: 13 Mar 2024 05:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50703

Actions (login required)

View Item View Item