Hubungan Antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Paket C di PKBM Titian Amanah Kayu Tanam

Salman, Iza Elvira (2023) Hubungan Antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Paket C di PKBM Titian Amanah Kayu Tanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_IZA_ELVIRA_SALMAN_19005066_7953_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar warga belajar yang mengikuti program paket C di PKBM Titian Amanah Kayu Tanam dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui gambaran kesiapan warga belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada program paket C di PKBM Titian Amanah, Kecamatan Kayu Tanam. 2) Untuk mengetahui hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada program paket C di PKBM Titian Amanah, Kecamatan Kayu Tanam. 3) Untuk mengetahui korelasi kesiapan belajar dengan hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada program paket C di PKBM Titian Amanah, Kecamatan Kayu Tanam. Penelitian ini dikelompokkan dalam penelitian kuantitatif korelasional. Dimana populasi yang dimaksud peneliti ialah warga belajar kelas X dan XI yang aktif pada tahun ajaran semester genap 2022/2023. Dengan jumlah populasi sebanyak 27 warga belajar. Sampel penelitian pada kajian ini diambil sebanyak 75% atau berjumlah sebanyak 20 warga belajar dengan memakai teknik stratified random sampling. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus Rank Order. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kesiapan belajar warga belajar paket C di PKBM Titian Amanah Kayu Tanam dikategorikan rendah. 2) Hasil belajar warga belajar paket C di PKBM Titian Amanah Kayu Tanam dikategorikan rendah dikarenakaan banyak nilai warga belajar yang di bawah KKM. 3) Terdapat korelasi yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar warga belajar paket C di PKBM Titian Amanah. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa rekomendasi yang dapat diberikan. Pertama, diharapkan kepada lembaga untuk dapat menyediakan fasilitas yang lebih baik lagi sehingga semangat dan kesiapan warga belajar dalam belajar akan meningkat. Kedua, pengajar diharapkan menggunakan metode inovatif untuk meningkatkan semangat dan kesiapan peserta didik selama proses belajar. Ketiga, peneliti di masa depan diharapkan terlibat dalam penelitian dengan faktorfaktor baru dan menggunakan metode inovatif untuk memasukkan dan menggabungkan variabel-variabel yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyuraini, SyurainiUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:49
Last Modified: 06 Mar 2024 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50615

Actions (login required)

View Item View Item