Achmarani, Irma
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Learning
Tipe Picture and Picture di Kelas III SDN 10 Wedya Aia Tabik.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta
didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas III SDN 10 Wedya Aia Tabik.
Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru dimana
guru masih sering menggunakan metode ceramah dan pembelajaran yang
disampaikan belum terarah dikarenakan guru jarang menyampaikan kompetensi
yang harus dicapai, serta peserta didik masih banyak yang pasif dan kurang
mamapu menalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model
Kooperatif Learning tipe Picture and Picture di kelas kelas III SDN 10 Wedya Aia
Tabik.
Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III yang berjumlah
25 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh
rata-rata persentase 87,5% (B) dan siklus II 97,5% (A); b) pelaksanaan proses
pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 83,93% (B) dan siklus II
96,42% (A); c) pelaksanaan aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata
85,72% (B) dan siklus II 96,42% (A); d) hasil belajar peserta didik siklus I
memperoleh rata-rata 81,15 (B) dan siklus II 92,18 (A). Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bawah dengan menggunakan model Kooperatif Learning tipe
Picture and Picture dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta
didik di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |