Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Picture and Picture di Kelas III SDN 10 Wedya Aia Tabik

Achmarani, Irma (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Picture and Picture di Kelas III SDN 10 Wedya Aia Tabik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_IRMA_ACHMARANI_18129062_8627_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas III SDN 10 Wedya Aia Tabik. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru dimana guru masih sering menggunakan metode ceramah dan pembelajaran yang disampaikan belum terarah dikarenakan guru jarang menyampaikan kompetensi yang harus dicapai, serta peserta didik masih banyak yang pasif dan kurang mamapu menalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif Learning tipe Picture and Picture di kelas kelas III SDN 10 Wedya Aia Tabik. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III yang berjumlah 25 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata persentase 87,5% (B) dan siklus II 97,5% (A); b) pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 83,93% (B) dan siklus II 96,42% (A); c) pelaksanaan aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 85,72% (B) dan siklus II 96,42% (A); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 81,15 (B) dan siklus II 92,18 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bawah dengan menggunakan model Kooperatif Learning tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta didik di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:26
Last Modified: 05 Mar 2024 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50612

Actions (login required)

View Item View Item