Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi.

Pratama, Wido (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_WILDO_PRATAMA_19061075_7485_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB di SMK Dhuafa Padang pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi tahun ajaran 2023/2024 dengan diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran tooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Jenis penelitian yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan 2 siklus dimana subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 23 orang. Berdasarkan analisis data didapatkan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan skor 52%,pada siklus II dengan 78%. Maka daripada itu siklus II persentase nilai rata-rata sudah tercapai. Untuk keaktifan juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I skor 31% sedangkan siklus II naik 72% diliahat terjadi peningkatan 41%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJufri, Windry NovaliaUNSPECIFIED
CorrectorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Prima YaneUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, BIAYA KONSTRUKSI, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:17
Last Modified: 29 Feb 2024 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50584

Actions (login required)

View Item View Item