Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Gambar Teknik. Manufaktur Sistem CAD di SMK Negeri 5 Padang.

Putri, Nadia Suci Rahma (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Gambar Teknik. Manufaktur Sistem CAD di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_NADIA_SUCI_RAHMA_PUTRI_19067060_8863_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Gambar Teknik Manufaktur yang dilaksanakan di SMK Negeri 5 Padang masih menggunakan model pembelajaran konvensional, seperti metode ceramah. Pembelajaran konvensional ini diselingi dengan kegiatan tanya jawab sehingga guru mendominasi kegiatan belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar tidak efektif bagi siswa di kelas sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dinilai cocok karena memberikan peluang sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa lebih bersifat kolaboratif, dan siswa terlibat aktif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 5 Padang Program Keahlian Teknik Permesinan kelas XII TP 1 semester gasal bulan Juni–Desember tahun ajaran 2023– 2024 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi tugas proyek, lembar penilaian latihan siswa, dan tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL telah berhasil diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 72,7, dimana 18 nilai siswa dinyatakan tuntas. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,6 dengan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 26 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahri, BudiUNSPECIFIED
CorrectorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
CorrectorAdri, JunilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, TEKNIK MANUFAKTUR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:26
Last Modified: 15 Feb 2024 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50502

Actions (login required)

View Item View Item