Pengaruh Pendekatan Exploration Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X SMA N 16 Padang

Dzikra., Nisrina Syafa’atidz (2023) Pengaruh Pendekatan Exploration Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X SMA N 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NISRINA_SYAFA’ATIDZ_DZIKRA_19045086_8087_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan hasil belajar geografi antara kelompok siswa yang menggunakan pendekatan Exploration Learning berbantuan Wordwall dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan pendekatan Exploration Learning berbantuan Wordwall di SMAN 16 Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA N 16 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling yaitu sebanyak 69 siswa dari kelas X.E.1 dan X.E.2. Teknik pengumpulan data yaitu pretest yang diberikan sebelum proses pembelajaran dan posttest yang diberikan setelah pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini yang digunakan yaitu uji normalitas, uji signifikan dan uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol yang belajar menggunakan tanpa perlakuan dan siswa kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan exploration learning berbantu wordwall terhadap hasil belajar geografi kelas X SMA N 16 Padang. Hasil statistik menunjukkan hasil belajar kelas kontrol yaitu pretest sebesar 43,25 dan posttest sebesar 71,67. Sedangkan hasil belajar kelas ekperimen yaitu pretest sebesar 41,25 dan posttest sebesar 87,08. Uji hipotesis menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Pendekatan Exploration Learning Berbantu Wordwall Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X SMA N 16 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReryUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:03
Last Modified: 13 Feb 2024 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50487

Actions (login required)

View Item View Item