Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.

Alwifari, M. Qari (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_M. QARI_ALWIFARI_19067107_8429_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan, hal ini diduga karena pembelajaran yang kurang optimal dan kurangnya peran aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran yang terpusat pada guru (Konvensional). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Poject Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen Reseach. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.Subjek dari penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen adalah kelas XI TPM 1 sedangkan kelas kontrol adalah kelas XI TPM 2.Waktu penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hasil analisis data penelitian menunjukkan model pembelajaran project based learning secara signifikan lebih berpengaruh dibandingkan model konvensional untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif dan psikomotor dengan nilai thitung sebesar 14,65 lebih besar dari ttabel 1,725 pada ranah kognitif dan thitung sebesar 6,16 lebih besar dari 1,725 pada ranah psikomotor. Perbedaan presentase hasil belajar pada ranah kognitif yakni 18,41% dan psikomotor 8,29%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYufrizal A, Yufrizal AUNSPECIFIED
CorrectorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROJECT BASED LEARNING, HASIL BELAJAR, TEKNIK PEMESINAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:15
Last Modified: 12 Feb 2024 08:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50479

Actions (login required)

View Item View Item