Hubungan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Dasar Pengetahuan Otomotif pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Otomotif di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Japutra, Desra Andra (2023) Hubungan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Dasar Pengetahuan Otomotif pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Otomotif di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_DESRA_ANDRA_JAPUTRA_18073110_7350_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterkaitan antara hasil belajar siswa dengan konsep diri diselidiki dalam penelitian ini. Persoalan bahwa rendahnya hasil belajar siswa merupakan akibat dari rendahnya konsep diri siswa yang melatarbelakangi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiketerkaitan antara hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan konsep diri pada mata pelajaran dasar otomotif. Penelitian ini menggunakan analisis korelasional untuk menilai sejauh mana hubungan hasil belajar siswa (Y) dan konsep diri (X). Populasi penelitian ini adalah 103 siswa kelas X SMKN 1 Sumatera Barat jurusan otomotif. Pendekatan untuk mengumpulkan data yang melibatkan survei dan dokumentasi. Ada 73 pertanyaan yang sah dan 1 pertanyaan yang tidak valid, menurut uji coba instrumen. Kesimpulan bahwa “Ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar pada mata pelajaran DDPO kelas X SMKN 1 Sumatera Barat” disetujui dengan taraf signifikansi 0,05 berdasarkan analisis data penelitian. Setelah data diolah dengan menggunakan metode yang diterapkan didapat hasil dari penilitian dengan tingkat hubungan antara x dan y sebesar 46%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorNasir M., Nasir M.UNSPECIFIED
CorrectorHidayat, NuzulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KONSEP DIRI, HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN OTOMOTIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:43
Last Modified: 02 Feb 2024 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50391

Actions (login required)

View Item View Item