Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Prezi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 2 Kota Sawahlunto

Lestari, Suci (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Prezi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 2 Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SUCI_LESTARI_19016054_7202_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media prezi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 2 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah kelas X SMAN 2 Sawahlunto dengan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel. Sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 2 Kota Sawahlunto tanpa dan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media prezi. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yakni sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan mode think pair and share yang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 74.87. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media prezi yang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83.47. Ketiga, Berdasarkan hasil pengujian diperoleh t hitung sebesar 3.669 dibandingkan dengan pada derajat kebebasan pada taraf signifikan 95%, t tabel (1.67)<t hitung (3.669). Dengan demikian hipotesis berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 2 Kota Sawahlunto dengan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media prezi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 2 Kota Sawahlunto dengan model pembelajaran project based learning berbantuan media prezi lebih baik daripada menggunakan model think pair and share.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:59
Last Modified: 31 Jan 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50311

Actions (login required)

View Item View Item