Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman

Wijaya, Sukma (2023) Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Sukma_Wijaya_19016126_5988_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai sebelum menggunakan metode SQ4R. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai setelah menggunakan metode SQ4R. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 246. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai setelah menggunakan metode SQ4R. Data penelitian ini adalah skor keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan metode SQ4R. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai sebelum menggunakan metode SQ4R berada pada kualifikasi Kurang Sekali (KS) dengan rata-rata 31,5 Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai setelah menggunakan metode SQ4R berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 77,61 Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis kerja (H 1 ) diterima pada taraf signifikansi 95% dengan derajat kebebasan (n-1) karena t hitung t tabel , yaitu (14,72>1,67). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SQ4R keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode SQ4R dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, RUNSPECIFIED
CorrectorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:59
Last Modified: 31 Jan 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50310

Actions (login required)

View Item View Item