Wijaya, Sukma
(2023)
Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca
Pemahaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai sebelum
menggunakan metode SQ4R. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai setelah
menggunakan metode SQ4R. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh metode SQ4R
terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Batang Anai.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi
pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai yang
terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 246. Sampel penelitian ini
sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel
penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Batang Anai dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII
SMP Negeri 3 Batang Anai setelah menggunakan metode SQ4R. Data penelitian
ini adalah skor keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah
menggunakan metode SQ4R. Data dianalisis dengan menggunakan rumus
persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes
objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai sebelum menggunakan metode
SQ4R berada pada kualifikasi Kurang Sekali (KS) dengan rata-rata 31,5 Kedua,
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai
setelah menggunakan metode SQ4R berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup
(LdC) dengan rata-rata 77,61 Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis kerja (H
1
)
diterima pada taraf signifikansi 95% dengan derajat kebebasan (n-1) karena t
hitung
t
tabel
, yaitu (14,72>1,67). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode
SQ4R keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang
Anai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode SQ4R dapat
digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas
VIII SMP Negeri 3 Batang Anai.
Actions (login required)
|
View Item |