Analisis Butir Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil Mata Pelajaran Sejarah pada Kurikulum Merdeka di Fase E SMK Negeri 1 Painan Tahun Pelajaran 2022/2023

Basri, Yuna Febriya (2023) Analisis Butir Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil Mata Pelajaran Sejarah pada Kurikulum Merdeka di Fase E SMK Negeri 1 Painan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_02_YUNA_FEBRIYA_BASRI_ 19046065_9389_2023.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis butir soal penilaian tengah semester ganjil mata pelajaran sejarah pada kurikulum merdeka di fase E SMK Negeri 1 Painan tahun pelajaran 2022/2023 dengan program Anates ver.4.0.9. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas butir soal penilaian tengah semester ganjil berdasarkan aspek validitas empiris, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh sehingga dapat mengukur kemampuan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Objek penelitian adalah lembar soal objektif bentuk pilihan ganda berjumlah 30 butir soal, kunci jawaban, dan lembaran jawaban ujian yang sudah diisi peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Painan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan program Anates ver.4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: validitas empiris, terdapat 29 butir soal (96,7%) yang termasuk kategori valid dan 1 butir soal (3,3%) yang termasuk kategori tidak valid. Reliabilitas, soal menunjukkan kategori reliabilitas tinggi yaitu 0,74. Daya pembeda, terdapat 2 butir soal (6,7%) memiliki daya pembeda jelek, 12 butir soal (40%) memiliki daya pembeda cukup, 16 butir soal (53,3%) memiliki daya pembeda baik, dan 0 butir soal (0%) memiliki daya pembeda baik sekali. Tingkat kesukaran, terdapat 6 butir soal (20%) yang termasuk kategori sukar, 19 butir soal (63,3%) yang termasuk kategori sedang, dan 5 butir soal (16,7%) yang termasuk kategori mudah. Efektivitas pengecoh, terdapat 29 butir soal (96,7%) yang termasuk kategori opsi pengecoh berkualitas dan 1 butir soal (3,3%) yang termasuk kategori opsi pengecoh tidak berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarima, Elfa MichelliaUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Anates, Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:27
Last Modified: 31 Jan 2024 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50294

Actions (login required)

View Item View Item