Efektivitas Media Video Terhadap Kemampuan Hiragana Siswa SMA Pertiwi 1 Padang

Fitri, Rini Yulia (2023) Efektivitas Media Video Terhadap Kemampuan Hiragana Siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Rini_Yulia_fitri_19180067_7908_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari hiragana, kurangnya minat siswa dalam mempelajari hiragana, dan kurangnya inovasi pada media yang sebelumnya digunakan untuk pembelajaran hiragana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media video efektif terhadap kemampuan hiragana siswa kelas XI IPS SMA Pertiwi 1 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest design. Data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPS 2 berjumlah 29 orang. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 30 soal. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan H1 diterima pada taraf signifikan karena nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti kemampuan hiragana pada posttest berbeda jauh dengan pretest. Terlihat bahwa media video mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan hiragana siswa kelas XI IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYani, DamaiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Meira AnggiaUNSPECIFIED
CorrectorArni, RitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:24
Last Modified: 30 Jan 2024 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50267

Actions (login required)

View Item View Item