Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis TPACK Dengan Media Padlet Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Adabiah 2 Padang

Distianti, Ridha Hayyu (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis TPACK Dengan Media Padlet Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Adabiah 2 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RIDHA_HAYYU_DISTIANTI_19045151_8308_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPS pada kelas kontrol, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPS pada kelas eksperimen, dan 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis TPACK terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Adabiah 2 Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, populasi penelitian ini kelas XI IPS dengan sampel penelitiannya kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4 SMA Adabiah 2 Padang. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang sama-sama akan dilakukan pretest dan posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode tes untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji T-Test yang dilakukan untuk mengukur perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis TPACK dengan model pembelajaran ceramah dan tanya jawab serta Uji N-Gain Ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian. 1) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebanyak 28,14, 2) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebanyak 38,96, 3) terdapat pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing berbasis TPACK lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah dan tanya jawab, dengan hasil uji T-Test sebesar 0,00 berdasarkan perhitungan 2,01≤2,41 yang mana lebih kecil dari pada 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian uji gain ternormalisasi N Gain Score kelas eksperimen 0,73 sedangkan kelas kontrol 0,55. Hal ini menguatkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik dalam penggunaan model pembelejaran inkuiri terbimbing berbasis TPACK dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah dan tanya jawab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorSri Mariya, Sri MariyaUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, TPACK, Geografi, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:30
Last Modified: 29 Jan 2024 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50145

Actions (login required)

View Item View Item