Motivasi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilu Sosial Universitas Negeri Padang

Kisti, Rani Maisal (2023) Motivasi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilu Sosial Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RANI_MAISAL_KISTI_16045037_9268_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi respon seseorang dalam memilih jurusan. Dalam hal ini motivasi merupakan suatu kondisi dalam pribadi seseorang yang mendorongnya untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi internal dan eksternal mahasiswa dalam memilih rogram Studi Pendidikan Geografi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi dalam peneltian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi angkatan 2017 dan 2018 yaitu sebanyak 268 orang dengan jumlah sampel 43 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang bersumber dari mahasiswa Pendidikan Geografi. Penelitian ini menggunakan angket dengan menggunakan Alternatif jawaban dalam skala likert, skala lima tingkat yaitu: sangat setuju, setuju, kurang setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju, sebagai alat pengumpulan data yang disebar dan dibagikan kepada responden melalui platform google form yang berbasis online. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan perhitungan persentase yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk narasi atau deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi Internal mahasiswa dalam memilih Prodi Pendidikan Geografi, termasuk dalam kriteria sedang, sebanyak 37% dengan faktor yang paling mempengaruhi yaitu, peluang kerja sebagai guru (53%) dan lulusan yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain (49%). (2) motivasi eksternal termasuk dalam kriteria rendah sebanyak 35%, dengan faktor yang paling mempengaruhi adalah dosen yang mengajar dengan kualitas yang baik dan profesional dibidangnya (56%), serta kurikulum yang sesuai dengan dunia kerja (68%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Internal, Motivasi Eksternal.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:05
Last Modified: 29 Jan 2024 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50137

Actions (login required)

View Item View Item