Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Geografi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Khairunisa, Kinanti (2023) Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Geografi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_KINANTI_KHAIRUNISA_19045019_ 8474_2023.pdf

Download (858kB) | Preview

Abstract

Perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia menjadi Kurikulum Merdeka disertai dengan perubahan buku teks pelajaran yang digunakan. Sebagai sumber belajar utama, buku teks pendidikan memiliki peranan penting dalam implementasi kurikulum sehingga harus memiliki kualitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kelayakan isi buku teks Geografi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada (1) aspek kebenaran dari segi keilmuan, (2) aspek kesesuaian dengan Standar Nasional Pendidikan dan Kurikulum yang berlaku, (3) aspek kesesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (4) aspek kesesuaian dengan konteks dan lingkungan, dan (5) aspek kesatupaduan antar bagian isi buku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis konten dengan langkah-langkah yang terdiri dari pengumpulan data (untizing) perakaman/pencatatan (recording), reduksi (reducing), dan penarikan kesimpulan (inferring). Setelah dilakukan penelitian maka didapatkan hasil bahwa tingkat kelayakan isi buku teks geografi pada (1) aspek kebenaran dari segi keilmuan berada pada tingkat sangat layak dengan persentase 100%, (2) aspek kesesuaian dengan Standar Nasional Pendidikan dan Kurikulum yang berlaku berada pada tingkat sangat layak dengan persentase 91%, (3) aspek kesesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berada pada tingkat layak dengan persentase 75%, (4) aspek kesesuaian dengan konteks dan lingkungan berada pada tingkat layak dengan persentase 64%, dan (5) aspek kesatupaduan antarbagian isi buku berada pada tingkat layak dengan persentase 71%. Hasil penelitian in memberikan gambaran tentang kualitas buku teks pelajaran geografi dan dapat digunakan untuk meningkatkan isi buku tersebut agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pendidikan saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorNova, SariUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan Isi, Analisis Konten, Buku Teks Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:33
Last Modified: 25 Jan 2024 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50093

Actions (login required)

View Item View Item