Efektivitas Pop Up Flipbook Dalam Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris di Taman Kanak-kanak Annisa Kota Sungai Penuh.

Melinda, Sonia (2023) Efektivitas Pop Up Flipbook Dalam Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris di Taman Kanak-kanak Annisa Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SONIA_MELINDA_19022038_5541_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media dalam mengenalkan kosakata Bahasa inggris di Taman Kanak-kanak Annisa Kota Sungai Penuh masih kurang media pendukungnya dan hanya menggunakan media flipbook. Namun, belum ada yang menggunakan media Pop Up flipbook padahal media ini memiliki keunggulan yaitu dapat memberikan kemudahan terutama pada anak-anak yang lebih cenderung audio visual yang sangat disukai oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pop up flipbook dalam pengenalan kosakata Bahasa inggris di Taman Kanak-kanak Annisa Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Annisa Kota Sungai Penuh, dan Teknik pengambilan sampel nya yaitu dengan Cluster Sampling, yaitu kelas Bl dan B3 yang masing-masing berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, berupa pemyataan sebanyak 5 butir pemyataan dan Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpul data digunakan lembaran pemyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) dan uji effect size menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop up flipbook memiliki pengaruh signifikan dibanding dengan kelas kontrol yang menggunakan media flipbook dalam pengenalan kosakata Bahasa inggris di Taman Kanak-kanak Annisa Kota Sungai Penuh. Dengan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,035 < 0,05. Perolehan effect size sebesar 1,83 disimpulkan termasuk dalam kategori tinggi, dengan demikian penggunaan pop up flipbook dalam pengenalan kosakata Bahasa inggris efektif signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuryanti, EliseUNSPECIFIED
CorrectorHartati, SriUNSPECIFIED
CorrectorIsmet, SyahrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:04
Last Modified: 24 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50049

Actions (login required)

View Item View Item