Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Swasta 2 Muhammadiyah Kabupaten Sorong

Damara, Ilham Vidiazola (2023) Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Swasta 2 Muhammadiyah Kabupaten Sorong. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Ilham_Vidiazola_Damara_18016073_8431_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi pada siswa kelas VII MTs Swasta 2 Muhammadiyah Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dari penelitian ini adalah struktur dan kebahasaan pada teks deskripsi siswa kelas VII MTs Swasta 2 Muhammadiyah Kabupaten Sorong. Sumber data penelitian ini adalah teks deskripsi siswa kelas VII MTs Swasta 2 Muhammadiyah Kabupaten Sorong tahun ajaran 2022/2023 yaitu sebanyak 19 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik pancing. Teknik pengabsahan data penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara mengidentifikasi, inventarisasi, menganalisis, memeriksa kembali, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, secara umum teks deskripsi yang ditulis siswa kelas VII MTs Swasta 2 Muhammadiyah Kabupaten Sorong sudah memiliki ketiga struktur teks deskripsi yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan. Setelah dianalisis dari ketiga struktur tersebut, struktur yang paling sedikit ditulis siswa adalah pada bagian simpulan. Dilihat dari segi ketepatan, secara umum teks deskripsi siswa kelas VII MTs Swasta 2 Muhammadiyah Kabupaten Sorong telah ditulis dengan tepat. Akan tetapi, masih ada beberapa siswa yang menulis struktur teks deskripsi secara tidak tepat seperti pada bagian simpulan. Kedua, dari segi kebahasaan, yaitu penggunaan kata depan, sinonim, dan EYD secara umum teks deskripsi yang ditulis siswa kelas VII MTs Swasta 2 Muhammadiyah Kabupaten Sorong sudah menggunakannya dengan tepat. Hal ini terbukti dari hasil analisis yaitu ketepatan penggunaan ciri kebahasaan lebih dominan daripada ketidaktepatan. Akan tetapi, masih ada beberapa siswa yang menulis kebahasaan teks deskripsi menggunakan kata depan dan EYD secara tidak tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:55
Last Modified: 22 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49854

Actions (login required)

View Item View Item