Pengaruh Peran Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar Siswa Kelas X dan XI pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Akabiluru

Billa, Salsa (2023) Pengaruh Peran Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar Siswa Kelas X dan XI pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Akabiluru. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B.1_01_SALSA_BILLA_19053060_7874_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh peran orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar yang dimediasi oleh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Akabiluru. Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel yang didapat dengan rumus Slovin adalah sebanyak 151 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner yang disusun dengan menggunakan skala likert. metode analis menggunakan analisis jalur (path analisis) dengan mengguanakn SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar 2) lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar 3) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar 4) peran orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar 5) lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar 6) motivasi belajar mampu memediasi pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa 7) motivasi belajar mampu memediasi lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarna, Jean ElikalUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorRitonga, MentariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:47
Last Modified: 19 Jan 2024 08:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49716

Actions (login required)

View Item View Item