Billa, Salsa
(2023)
Pengaruh Peran Orang Tua dan Lingkungan
Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi
Belajar Siswa Kelas X dan XI pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1
Akabiluru.
Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
peran orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar yang
dimediasi oleh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN 1
Akabiluru. Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode deskriptif melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah
sampel yang didapat dengan rumus Slovin adalah sebanyak 151 sampel. Teknik
pengumpulan data menggunakan kusioner yang disusun dengan menggunakan
skala likert. metode analis menggunakan analisis jalur (path analisis) dengan
mengguanakn SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran orang
tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar 2) lingkungan teman sebaya
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar 3) motivasi belajar berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar 4) peran orang tua berpengaruh signifikan
terhadap motivasi belajar 5) lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan
terhadap motivasi belajar 6) motivasi belajar mampu memediasi pengaruh peran
orang tua terhadap hasil belajar siswa 7) motivasi belajar mampu memediasi
lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |