Persepsi Metode Pembelajaran Problem Posing dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Fabrikasi di Departemen Teknik Mesin Universitas Negeri Padang

Daneil, Kevin (2023) Persepsi Metode Pembelajaran Problem Posing dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Fabrikasi di Departemen Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_7_KEVIN_DANIEL_16067089_7670_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persepsi dalam metode pembelajaran problem posing merupakan pandangan terhadap metode belajar yang diberikan apakah metode tersebut dapat mempengaruhi pemahaman mahasiswa dalam belajar di workshop fabrikasi. Namun, faktor yang sering muncul secara internal maupun eksternal cukup mempengaruhi pola belajar siswa khususnya pada motivasi belajar yang menjadi tindakan sebagai dorongan utama untuk lebih menekuni pembelajaran di sekolah tentang fabrikasi. Observasi yang telah berhasil dilakukan pada subjek penelitian didapatkan bahwa dari 20 orang siswa 57% yang memenuhi kriteria ketuntasan dan 53% tidak mencapai kriteria tersebut, maka penelitian ini dimaksud untuk mengungkapkan hubungan metode dan pemahaman belajar pada pembelajaran Fabrikasi Teknik MesinUNP. Penelitian kuantitatif dipakai sebagai metode utama dalam menganalisis perolehan data menggunakan studi korelasi untuk mendeteksi hubungan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data secara objektif untuk melihat hubungan metode dan pemahaman belajar memakai instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan ialah pengujian analisis prasyarat dan hipotesis dengan pengujian instrumen validitas dan reabilitas. Hasil penelitian yang telah berhasil dilaksanakan pada fakultas Teknik mesin UNP pada uji normalitas diketahui nilai sig. sebesar0,20 > 0,05 memperlihatkan hasil data sampel terdistribusi normal, sedangkan uji linearitas diperoleh sig. 0,931>0,05 bahwa variabel berpolalinear. Oleh karena itu disimpulkan hubungan metode dan pemahaman elajar,bernilai korelasi sebesar 0,897 memperlihatkan hubungan yang terjadi berkolerasi secara positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:43
Last Modified: 19 Jan 2024 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49708

Actions (login required)

View Item View Item