Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang

Sari, Ayu Permata (2023) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Ayu_Permata_Sari_19016079_6003_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Ketiga, menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 210 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 yang berjumlah 30 siswa yang dtentukan dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks ulasan cerpen. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai ratarata 47,81. Kedua, keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa sesudah menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,41. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis alterntif H 1 diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena t hitung >t tabel (7,19>1,70). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul, RUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, M.UNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:05
Last Modified: 17 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49663

Actions (login required)

View Item View Item