Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Lintas Minat Sosiologi Kelas X MIPA 5 SMAN 4 Padang

Agustina, Yulia (2023) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Lintas Minat Sosiologi Kelas X MIPA 5 SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_YULIA_AGUSTINA_19058084_6141_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelnellitian ini dilatar bellakangi olelh relndahnya kelaktifan siswa dalam prosels pembellajaran di selkolah, kurangya variasi modell pelmbellajaran yang digunakan melnyelbabkan timbulnya rasa bosan siswa dalam melngikuti pelmbellajaran dan siswa hanya belrpelran selbagai pelndelngar saja selhingga pelnguasaan matelri yang dibelrikan sangat telrbatas selhingga melnyelbabkan relndahnya tingkat kelaktifan bellajar siswa. Adapun tujuan pelnellitian ini adalah untuk melnganalisi pelngaruh modell pelmbellajaran Snowball Throwing belrbasis Quizizz telrhadap kelaktifan bellajar siswa kellas X MIPA 5 SMAN 4 Padang. Telori yang digunakan dalam pelnellitian ini adalah telori kognitif bellajar belrmakna David Ausubell. Dimana teori ini menjelaskan tentang belajar bermakna (meaningful learning) teori ini sejalan dengan judul penelitian dimana mengharpkan memberikan kebermaknaan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang beru dan interaktif.. Pelnellitian ini melrupakan pelnellitian tindakan kellas (PTK) dilaksankan dalam dua siklus. Modell pelnellitian melnggunakan modell pelnellitian MC Taggart yang yang telrdiri elmpat tahapan yaitu pelrelncanaan, pellaksanaan, pelngamatan, dan relflelksi. Subjelk dalam pelnellitian ini adalah kellas X MIPA 5 SMAN 4 Padang tahun pellajaran 2022/2023 delngan jumlah siswa 36 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, lembar observasi serta dokumentasi. Analisi data kuantitatif dari penelitian ini diperoleh dari lembar observasi guna untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis quizizz terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X MIPA 5 SMAN 4 Padang dengan menggunakan rumus. Hasil pelnellitian melnunjukkan bahwa pelnelrapan modell pelmbellajaran Snowball Throwing dapat melningkatkan kelaktifan siswa. Pelningkatan telrjadi pada seltiap siklus melngalami pelningkatan selbelsar dari pra siklus kelaktifan bellajar siswa hanya 14,27%, seltellah di lakukan siklus I melningkat Melnjadi 39,07% namun bellum melncapai nilai minimum dan pada siklus II kelaktifan bellajar siswa melningkat melnjadi 76,75%. Hal ini melmbuktikan bahwa modell pelmbellajaran Snowball Throwing dapat melningkatkan kelaktifan bellajar siswa kellas X MIPA 5 SMAN 4 Padang tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:27
Last Modified: 16 Jan 2024 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49642

Actions (login required)

View Item View Item