Hubungan Perceived Usefulness (U) dengan Attitude Toward Using (A) pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva

Hafifah, Aulia (2023) Hubungan Perceived Usefulness (U) dengan Attitude Toward Using (A) pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_AULIA_HAFIFAH_19031066_8370_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi berbasis e-learning merupakan salah satu inovasi yang berperan besar untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Keberhasilan penggunaan e-learning di suatu institusi akademik sangat ditentukan oleh respon bagaimana peserta didik dapat menerima dan memanfaatkan e-learning tersebut secara efektif. Berdasarkan observasi, SMA Dedikasi Edukasi Kualiva merupakan salah satu sekolah di kota Padang yang menggunakan Scola sebagai platform e- learning pada pembelajaran biologi, namun penggunaan Scola belum pernah dianalisis faktor-faktor penerimaan oleh peserta didik sehingga belum diketahui keberhasilan penggunaan Scola pada pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Keberhasilan penggunaan e-learning dapat diketahui melalui hubungan Perceived Usefulness (U) dengan Attitude Toward using (A) pada peserta didik pengguna teknologi informasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Perceived Usefulness (U) dengan Attitude Toward using (A) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 orang peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik total sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Product Moment dan uji t setelah diketahui data berdistribusi normal. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai r = 0,7587 (korelasi kuat) dan nilai thitung (7,899) > ttabel (1,679). Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, Perceived Usefulness (U) memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap Attitude Toward Using (A) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK, PERCEIVED USEFULNESS, PEMBELAJARAN BIOLOGI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:56
Last Modified: 16 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49623

Actions (login required)

View Item View Item