Hafifah, Aulia (2023) Hubungan Perceived Usefulness (U) dengan Attitude Toward Using (A) pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_3_AULIA_HAFIFAH_19031066_8370_2023.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran biologi berbasis e-learning merupakan salah satu inovasi yang berperan besar untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Keberhasilan penggunaan e-learning di suatu institusi akademik sangat ditentukan oleh respon bagaimana peserta didik dapat menerima dan memanfaatkan e-learning tersebut secara efektif. Berdasarkan observasi, SMA Dedikasi Edukasi Kualiva merupakan salah satu sekolah di kota Padang yang menggunakan Scola sebagai platform e- learning pada pembelajaran biologi, namun penggunaan Scola belum pernah dianalisis faktor-faktor penerimaan oleh peserta didik sehingga belum diketahui keberhasilan penggunaan Scola pada pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Keberhasilan penggunaan e-learning dapat diketahui melalui hubungan Perceived Usefulness (U) dengan Attitude Toward using (A) pada peserta didik pengguna teknologi informasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Perceived Usefulness (U) dengan Attitude Toward using (A) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 orang peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik total sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Product Moment dan uji t setelah diketahui data berdistribusi normal. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai r = 0,7587 (korelasi kuat) dan nilai thitung (7,899) > ttabel (1,679). Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, Perceived Usefulness (U) memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap Attitude Toward Using (A) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PESERTA DIDIK, PERCEIVED USEFULNESS, PEMBELAJARAN BIOLOGI | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mutia Farida | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2024 06:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2024 06:56 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49623 |
Actions (login required)
View Item |