Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X.E di SMA Negeri 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar

Isnaini, Indri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X.E di SMA Negeri 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_INDRI_ISNAINI_19136111_6831_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas X.E di SMA Negeri 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen. Populasi penelitian meliputi seluruh peserta didik kelas X.E SMA Negeri 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 165 peserta didik. Dari populasi tersebut, sampel diambil menggunakan Teknik Cluster random sampling, dan terpilih dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas X.E 2 sebagai kelas eksperimen dengan 32 peserta didik, dan kelas X.E3 sebagai kelas kontrol dengan 32 peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas, serta uji T dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas eksperimen, dengan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen mencapai 86,87, sedangkan di kelas kontrol sebesar 82,96. (2) Analisis uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai signifikansi sebesar 0,024 < 0,05 dan nilai Thitung > Ttabel yaitu 2,315 > 1,998. Hasil ini menyatakan bahwa penerapan Model Pembelajaran REACT memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Sehingga, hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (H0) ditolak. (3) Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peserta didik dalam kelas eksperimen mencapai peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai N-Gain hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 0,76, yang masuk dalam kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol adalah 0,69, yang masuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih signifikan dari pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSri, MariyaUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:04
Last Modified: 12 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49483

Actions (login required)

View Item View Item