Analisis Data Peminat Program Studi Kependidikan di Perguruan Tinggi Negeri Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan pada SBMPTN Tahun 2018 - 2022 dengan Pendekatan Eksploratif

Ardiana, Vira Aulia (2023) Analisis Data Peminat Program Studi Kependidikan di Perguruan Tinggi Negeri Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan pada SBMPTN Tahun 2018 - 2022 dengan Pendekatan Eksploratif. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Vira_Aulia_Ardiana_20037065_7818_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Adanya perubahan status kelembagaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) menjadi universitas memperoleh mandat yang lebih luas (wider mandate) untuk memiliki kewenangan membuka program studi non kependidikan. Dengan adanya perubahan tersebut menyebabkan tingginya peminat program studi non kependidikan dibandingkan peminat program studi kependidikan. Untuk itu, perlunya dilakukan evaluasi kinerja di Perguruan Tinggi Negeri Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (PTN LPTK) dengan memperhatikan jumlah peminat program studi kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi data yang terjadi terhadap jumlah peminat program studi kependidikan dengan menggunakan pendekatan eksploratif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi SNPMB tahun 2023. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah daya tampung (X) dan jumlah peminat (Y) dengan objek penelitian yaitu program studi kependidikan. Penelitian ini dimulai dengan melakukan eksplorasi data jumlah peminat program studi kependidikan, dilanjutkan dengan visualisasi hubungan antara daya tampung dengan jumlah peminat. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa jumlah peminat tertinggi untuk program studi kependidikan yaitu program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Adanya tren yang sama untuk jumlah peminat program studi kependidikan yaitu cenderung mengalami fluktuasi dari tahun 2018 sampai 2022. Untuk distribusi data program studi kependidikan berdasarkan daerah asal peminat yaitu mayoritas berasal dari provinsi dimana universitas tersebut berada. Sementara itu, adanya hubungan linear positif antara daya tampung dengan jumlah peminat program studi kependidikan di PTN LPTK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorMukhti, Tessy OctaviaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:24
Last Modified: 12 Jan 2024 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49467

Actions (login required)

View Item View Item