Penerapan Permainan Kartu UNO Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Batang Anai.

Nofetri, Widya (2023) Penerapan Permainan Kartu UNO Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Batang Anai. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_1_WIDYA_NOFETRI_18053084_5552_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan permainan kartu UNO sebagai media pembelajaran ekonomi pada kelas XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan subyek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai yang terdiri dari 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar pretest sebelum penerapan permainan kartu UNO sebagai media pembelajaran ekonomi adalah 67,3667 dengan presentase ketuntasan peserta didik adalah 60%. Sedangkan rata�rata hasil belajar posttest setelah penerapan permainan kartu UNO sebagai media pembelajaran ekonomi pada siklus I adalah 75,233 dengan presentase ketuntasan peserta didik adalah 73,33% dan pada siklus II (posttest) rata-rata hasil belajar yang diperoleh adalah 81,5 dengan presentase ketuntasan peserta didik adalah 83,33%. Motivasi belajar peserta didik dengan rata-rata yaitu sebesar 88,1% dengan kriteria sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan penerapan permainan kartu UNO sebagai media pembelajaran ekonomi kelas XI SMAN 1 Batang Anai mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOknaryana, OknaryanaUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorRitonga, MentariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI, HASIL BELAJAR, MOTIVASI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:50
Last Modified: 10 Jan 2024 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49407

Actions (login required)

View Item View Item