Efektivitas Penggunaan Google Forms sebagai Alat EvaluasiPembelajaran Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) SMKN di Kata Padang

Dewita, lsra (2023) Efektivitas Penggunaan Google Forms sebagai Alat EvaluasiPembelajaran Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) SMKN di Kata Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_ISRA_DEWITA_16061012_1820_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi sangat membantu dunia pendidikan. Teknologi juga mempengaruhi pendekatan pembelajaran yang meliputi materi pembelajaran, prosedur pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan dilakukannya evaluasi pembelajaran secara online dengan menggunakan Google Forms. Alat evaluasi berbasis web ini dapat membantu guru dalam persiapan dan pelaksanaan ujian di sekolah, memproses hasil evaluasi dengan cepat sehingga nilai siswa dapat segera diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Forms sebagai alat evaluasi pembelajaran di Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) pada SMKN di Kata Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau angket. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian adalah guru-guru Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) di Kata Padang yaitu dari SMKN 5 Padang, SMKN 1 Padang, dan SMKN 1 Sumatera Barat. Sampel pada penelitian ini berjumlah 28 guru yang diambil dari seluruh data populasi. Angket disusun dengan menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, efektivitas penggunaan Google Forms sebagai alat evaluasi pembelajaran Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) SMKN di Kota Padang adalah sebesar 84,58% yang berarti masuk ke dalam kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Google Forms efektif untuk digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran di Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) pada SMKN di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorApdeni, RismaUNSPECIFIED
CorrectorAnshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorYandra, MuviUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:39
Last Modified: 02 Jan 2024 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49223

Actions (login required)

View Item View Item