Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Santri Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Darul Izzah Abai Solok Selatan

Kusuma, Frengki Candra (2023) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Santri Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Darul Izzah Abai Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_FRENGKI_CANDRA_KUSUMA_19005058_7791_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar santri RTQ Darul Izzah Abai Solok Selatan, yang diduga karena kurangnya perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) gambaran perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak rumah tahfidz qur’an (RTQ) Darul Izzah Abai Solok Selatan, (2) gambaran hasil belajar santri rumah tahfidz qur’an (RTQ) Darul Izzah Abai Solok Selatan, (3) hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar santri rumah tahfidz qur’an (RTQ) Darul Izzah Abai Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah santri Darul Izzah berjumlah 38 orang dan 79% dijadikan sampel yaitu 30 orang dengan menggunakan teknik sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rendahnya perhatian orang tua, (2) rendahnya hasil belajar santri darul izzah dilihat dari ujian semester Januari Juni 2023, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar santri rumah tahfidz qur’an(RTQ) Darul Izzah Abai Solok Selatan. Disarankan kepada: (1) Orang tua hendaknya dapat meningkatkan perhatiannya terhadap kegiatan belajar anak, baik dalam segi pemberian pengawasan, pemberian bimbingan, dan asuhan. Selain itu orang tua hendaknya memperhatikan pendidikan anaknya, orang tua lebih memahami hakikat dan pentingnya RTQ agar terpenuhinya kebutuhan pendidikan keagamaan anak mereka; (2) Pengelola RTQ agar mengigatkan orang tua untuk lebih memperhatikan anaknya dan menunjang pendidikan keagamaan anaknya di RTQ; (3) Kepada peneliti selanjutnya untuk mampu meneliti variabel lain yang berhubungan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERHATIAN ORANG TUA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:16
Last Modified: 19 Dec 2023 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49076

Actions (login required)

View Item View Item