Pengaruh Strategi Everyone is a Teacher Here dengan E-Asessment Materi Momentum dan Getaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Pulungan, Fitri Rahmadani (2023) Pengaruh Strategi Everyone is a Teacher Here dengan E-Asessment Materi Momentum dan Getaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Fitri_Rahmadani_Pulungan_18033084_6333_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu tuntutan pembelajaran menurut Kurikulum 2013 yaitu pembelajaran lebih diarahkan agar guru membimbing siswa untuk mencari tahu melalui penerapan berbagai strategi pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan scientific. Kenyataannya guru cenderung belum memvariasikan strategi pembelajaran yang digunakan (hasil angket guru berupa penggunaan variasi strategi pembelajaran 57,14 berkategori cukup) sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Solusi dari permasalahan tersebut, peneliti menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh strategi everyone is a teacher here dengan e-asessment materi momentum dan getaran terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Padang yang terdaftar pada tahun 2021/2022. Sampel dalam penelitian adalah kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan metode statistika. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan memakai uji normalitas dan homogenitas data yang diperoleh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan dilanjutkan dengan menganalisis data hasil penelitian didapatkan analisis data menunjukkan bahwa hioptesis kerja ( ) yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti menggunakan strategi everyone is a teacher here dengan e-asessment materi momentum dan getaran terhadap hasil belajar fisika siswa pada kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap dengan taraf signifikan 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:47
Last Modified: 15 Dec 2023 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49042

Actions (login required)

View Item View Item