Pengaruh Buku Supelemen Terintegrasi Mitigasi Bencana Berbantuan LKPD Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Materi Sistem Pernapasan di SMPN 23 Padang

Parawansa, Fahira Satma (2023) Pengaruh Buku Supelemen Terintegrasi Mitigasi Bencana Berbantuan LKPD Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Materi Sistem Pernapasan di SMPN 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_FAHIRA_SATMA_PARAWANSA_19031133_7321_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tuntutan abad 21 mengharuskan peserta didik memiliki keterampilan 4C salah satunya keterampilan kolaborasi. Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu proses yang dilakukan secara berkelompok untuk mendiskusikan beberapa perbedaan melalui kegiatan mendengarkan, memberi saran, menyimak jalannya diskusi dan menghargai perbedaan pendapat yang ada. Keterampilan kolaborasi peserta didik dapat dilatih dalam proses pembelajaran salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis digital salah satunya buku suplemen digital. Buku suplemen digital merupakan buku pelengkap dari buku cetak yang berisikan teks bacaan, gambar, video, audio dan informasi lainnya yang bisa dibaca pada smarthphone, layar desktop atau laptop dan perangkat portable lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh buku suplemen digital terintegrasi mitigasi bencana terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Quasi Experiment (Eksperimen Semu). Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rancangan penelitian adalah Randomized ControlGroup Posttest Only Design yang membandingkan hasil posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan angket peserta didik. Hasil analisis keterampilan kolaborasi selama proses pembelajaran menggunakan lembar observasi didapatkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 71 dibanding kelas kontrol yaitu 59. Analisis data keterampilan kolaborasi selama proses pembelajaran didapatkan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,895 > 1,671. Selanjutnya hasil data keterampilan kolaborasi setelah proses pembelajaran menggunakan angket didapatkan rata-rata keterampilan kolaborasi kelas eksperimen tinggi yaitu 91% dibanding kelas kontrol yaitu 78%, dan analisis data juga didapatkan nilai t hitung > t tabel yaitu 5,633 > 1,671. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa buku suplemen digital terintegrasi mitigasi bencana berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem pernapasan di SMPN 23 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2023 00:32
Last Modified: 15 Dec 2023 00:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49033

Actions (login required)

View Item View Item