Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 18 Padang

Wilanda, Sri Intan (2023) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SRI_INTAN_WILANDA_16029091_3471_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Matematika diajarkan dengan tujuan untuk membekali peserta didik agar memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang memenuhi tuntutan tersebut adalah pembelajaran soal cerita. Namun kenyataannya masih banyak peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita yang berakibat pada hasil belajar, sehingga dibutuhkan analisis mendalam terhadap kesalahan tersebut. Analisis ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Analisis Kesalahan menurut Newman. Newman menganalisis kesalahan peserta didik dalam empat tahapan, yakni: kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 18 Padang tahun pelajaran 2020/2021 yang diwawancarai sebanyak 5 orang. Data diperoleh dari hasil tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik cenderung melakukan (a) Kesalahan membaca dan memahami, diantaranya tidak menuliskan data yang diketahui dan ditanyakan pada soal, tidak menggunakan informasi yang penting dalam soal, menuliskan data yang diketahui dan ditanyakan pada soal tetapi tidak lengkap atau tidak sesuai dengan permintaan soal, (b) Kesalahan transformasi, meliputi tidak dapat menuliskan metode dan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal (c) Kesalahan keterampilan proses, salah dalam memilih/menggunakan data dari soal yang relevan serta ada info penting yang terlewat, sehingga mengakibatkan hasil yang diperoleh salah meskipun perhitungannya sudah benar (d) Kesalahan penulisan jawaban akhir meliputi tidak menuliskan jawaban, melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya, salah dalam penulisan satuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:47
Last Modified: 12 Dec 2023 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48967

Actions (login required)

View Item View Item