Nadira, Rahmi Suci (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_3_RAHMI_SUCI_NADIRA_18031164_2450_2023.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 yang diterapkan saat ini merupakan realisasi dari kompetensi pada abad 21 yang menuntut pendidikan untuk mengajarkan keterampilan Creativity, Critical thinking, Collaboration, and Communication (4C). Berdasarkan hasil angket yang diberikan pada guru biologi sekolah SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik telah menerapkan Kurikulum 2013, bahan ajar yang sering digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD yang digunakan belum menarik, dan hanya terdapat soal tanpa ada materi penjelas, materi sistem pencernaan merupakan materi yang sulit (nilai ulangan harian peserta didik pada materi sistem pencernaan belum mencapai KKM). Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis STEM pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Four-D models). Data yang didapatkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Tahap pendefinisian dan tahap perancangan dilakukan pengumpulan data dengan memberikan angket kepada guru biologi dan menyebarkan angket kepada 36 orang peserta didik SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Tahap pengembangan dilakukan uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Uji praktikalitas dilakukan pada satu orang guru biologi dan 36 orang peserta didik SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis STEM pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Berdasarkan hasil analisis awal-akhir bahan ajar yang dikembangkan adalah LKPD berbasis STEM pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, sebanyak 66,7% peserta didik menyukai bahan ajar yang memiliki warna pada setiap halaman. Peserta didik menyatakan bahwa materi sistem pencernaan termasuk materi yang sulit. LKPD yang dikembangkan mendapatkan nilai uji validitas 88,39% (valid). Hasil uji praktikalitas LKPD oleh guru memperoleh nilai 94,58% (sangat praktis), dan hasil uji praktikalitas LKPD oleh peserta didik memperoleh nilai 91,08% (sangat praktis). Rata-rata hasil uji praktikalitas 92,83% (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA yang dikembangkan valid dan sangat praktis
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2023 07:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2023 07:56 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48951 |
Actions (login required)
View Item |