Pengembangan Bahan Ajar Fabel Menggunakan Metode VARK (Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic) di Kelas II Sekolah Dasar

Gustiwati Z, Reni (2023) Pengembangan Bahan Ajar Fabel Menggunakan Metode VARK (Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic) di Kelas II Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Reni_Gustiwati.Z_18124061_6872_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fabel pada pembelajaran tema 8 (Keselamatan di rumah dan perjalanan). VARK merupakan sebuah metode pembelajaranyang cocok di terapkan pada proses pembelajaran di kelas II dengan langkah-langkah Visual, Auditory, Reading, Kinestethic. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang terdiri atas (1) Pendefinisian (Define) yaitu melakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan, analisis peserta didik, (2) Perancangan (Design) yaitu merancang bahan ajar yang akan digunakan, (3) Pengembangan (Develop) melakukan uji validitas, praktikalitas dan efektivitas bahan ajar, (4) Penyebaran (Dessiminate), yaitu melakukan penyebaran bahan ajar yang telah dikembangkan pada Sekolah Dasar tempat penelitian. Uji coba bahan ajar dilakukan pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 13 Lolong pada 26 siswa dan penyebaran bahan ajar dilakukan di kelas II Sekolah Dasar Negeri14 Belanti Barat pada 26 siswa. Hasil penelitian yang ditemukan adalah bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, dengan rata-rata mencapai 3,7. Hasil praktikalitas bahan ajarberdasarkan respons siswa dengan persentase 89dan praktikalitas berdasarkan respons guru dengan persentase 87,8.Hasil uji efektifitas secara keseluruhan diperoleh persentase efektifitas sebesar 87,5% dengan kategori sangat efektif. Demikian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan berbasis metode VARK di kelas II Sekolah Dasar yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArief, DarnisUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, RUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:07
Last Modified: 11 Dec 2023 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48931

Actions (login required)

View Item View Item