Pengembangan Booklet Terintegrasi Nilai-nilai Islam Sebagai Suplemen Bahan Ajar tentang Materi Virus Kelas X SMA/MA

Sarinami, Putri (2023) Pengembangan Booklet Terintegrasi Nilai-nilai Islam Sebagai Suplemen Bahan Ajar tentang Materi Virus Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_PUTRI_SARINAMI_18031161_2495_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan angket yang diberikan kepada guru dan peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Koto Balingka, penggunaan buku teks biologi yang ada di sekolah sebagai bahan ajar utama dinilai belum sesuai dengan kriteria bahan ajar yang memenuhi harapan peserta didik. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi biologi, khususnya materi virus. Selain itu sikap spiritual peserta didik juga masih kurang terlihat dalam kehidupan di sekolah. Media pembelajaran biologi yang digunakan dalam proses pembelajaran belum terintegrasi nilai-nilai islam untuk meningkatkan nilai spiritual bagi peserta didik. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan booklet terintegrasi nilai-nilai islam. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan dan menghasilkan booklet terintegrasi nilai-nilai islam tentang materi virus kelas X SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Instrumen penelitian ini adalah angket untuk guru, angket untuk peserta didik, angket uji validitas, dan angket uji praktikalitas. Tahap uji validitas melibatkan 2 orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi. Tahap Uji praktikalitas melibatkan 1 orang guru biologi dan 27 orang peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Koto Balingka. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas booklet terintegrasi nilai-nilai islam adalah 90,13% (sangat valid) dan nilai praktikalitas oleh guru sebesar 90,45% (sangat praktis) dan 87,27% (praktis) oleh peserta didik. Rata-rata nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik adalah 88,86% (praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa booklet terintegrasi nilai-nilai islam tentang materi virus untuk SMA yang dikembangkan sangat valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BOOKLET TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:12
Last Modified: 08 Dec 2023 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48917

Actions (login required)

View Item View Item