Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation Berbantuan Media Audiovisual dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis

Pratiwi, Anisa (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation Berbantuan Media Audiovisual dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FBS Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_02_ANISA_PRATIWI_21174036_ 4859_2023.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menulis teks. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang tepat dan monoton serta media pembelajaran yang kurang kreatif. Metode pembelajaran dapat memengaruhi aktivitas siswa pada proses belajar . Metode group investigation salah satu upaya meningkatkan daya pikir anak dan kreatifitas dalam menuangkan gagasan ketika berdiskusi. Berbantuan media audiovisual menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar sehari-hari. Oleh sebab itu, metode group investigation berbantuan media audiovisual dianggap sebagai metode yang dapat memengaruhi keterampilan siswa dalam menulis, khususnya menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh metode group investigation berbantuan media audiovisual dan metode ekspositori terhadap keterampilan menulis. (2) pengaruh metode group investigation berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis untuk siswa yang bermotivasi belajar tinggi. (3) pengaruh metode group investigation berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis untuk siswa yang bermotivasi belajar rendah. (4) interaksi antara penggunaan metode group investigation berbantuan media audiovisual dengan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah factorial design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri atas dua instrumen, yaitu tes unjuk kerja dan lembar angket. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel. Variabel pertama, yaitu keterampilan menulis teks berita sebagai variabel terikat. Variabel kedua, yaitu metode group investigation berbantuan media audiovisual yang memiliki peranan sebagai variabel bebas. Variabel ketiga, yaitu motivasi belajar sebagai variabel moderator. Data dikumpulkan dan diolah berdasarkan teknik analisis yang ditetapkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa metode group investigation berbantuan media audiovisual memengaruhi keterampilan menulis teks berita siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Pengaruh tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, hasil tes keterampilan menulis teks berita siswa yang diajar dengan menggunakan metode group investigation berbantuan iii media audiovisual lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan metode group investigation berbantuan media audiovisual lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan metode ekspositori. Ketiga, keterampilan menulis teks berita siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar menggunakan metode group investigation berbantuan media audiovisual lebih tinggi daripada keterampilan menulis teks berita siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan metode ekspositori. Keempat, tidak terdapat interaksi antara metode group investigation berbantuan media audiovisual dengan motivasi belajar dalam memengaruhi keterampilan menulis teks berita siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: group investigation, media audiovisual, ekspositori, teks berita, motivasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:37
Last Modified: 07 Dec 2023 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48820

Actions (login required)

View Item View Item