Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 dengan Model Problem Based Learning pada Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal di Kelas IV Sekolah Dasar

Kinanti, Salsa Phira Putri (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 dengan Model Problem Based Learning pada Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_SALSA_PHIRA_PUTRI_KINANTI_19129162_7127_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya penggunaan multimedia interaktif pada materi perkalian dan pembagian bilangan desimal di kelas IV Sekolah Dasar yang menggunakan Articulate Storyline 3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada perkalian dan pembagian bilangan desimal kelas IV di Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan model ADDIE. Menurut Robert Maribe Brach (dalam Sugiyono, 2019) model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (penerapan), Implementation (implementasi), dan Evalution (evaluasi). Multimedia interaktif yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba produk di SD Negeri 33 Payakumbuh dan subjek penelitian produk di SD Negeri 38 Payakumbuh. Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas multimedia interaktif pada perkalian dan pembagian bilangan desimal dengan jumlah keseluruhan nilai validasi dengan persentase sebesar 91,75% yang termasuk kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan respon guru dan respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan multimedia interaktif sangat praktis dengan nilai rata-rata 95% dan 92%. Sedangkan persentase respon guru dan respon peserta didik di sekolah penelitian terhadap pembelajaran menggunakan multimedia interaktif sangat praktis dengan nilai rata-rata 96,66% dan 93%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Multimedia interaktif berbasis Articultae Storyline 3 pada perkalian dan pembagian bilangan desimal telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:35
Last Modified: 07 Dec 2023 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48817

Actions (login required)

View Item View Item